DIABETES

Diabetes.pngAsupan gula harus dibatasi. Rasa manis alami dari susu, buah-buahan atau madu sangat bermanfaat untuk kesehatan anda. Namun demikian untuk diet anda perlu juga mengurangi gula dan pemanis buatan.

Apa yang menjadi permasalahan apabila mengonsumsi kelebihan gula bagi kesehatan?

Kelebihan asupan gula akan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Peradangan berhubungan dengan timbulnya jerawat, keriput, arthritis, penyakit jantung, serta penyakit diabetes.

Apa itu diabetes mellitus?
Diabetes mellitus, sering hanya disebut sebagai diabetes adalah sekelompok penyakit metabolik di mana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi, baik karena tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup, atau karena sel dalam tubuh tidak merespon insulin yang dihasilkan. Gula darah tinggi ini menghasilkan gejala klasik poliuria(sering kencing), polidipsia(sering haus) dan polifagia(sering merasa lapar).
Ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan(silent killer) karena gejalanya ringan dan biasanya tidak dianggap serius.

Secara umum, ada tiga jenis utama diabetes:

Diabetes tipe 1:

(Juga disebut sebagai diabetes mellitus tergantung insulin atau disingkat IDDM)
Tidak ada insulin diproduksi karena sel-sel pankreas yang rusak, biasanya didiagnosis pada anak-anak atau orang dewasa muda meskipun dapat terjadi pada setiap usia; insulin dibutuhkan untuk komplikasi pengobatan yang terjadi secara mendadak dan mengancam jiwa.

Diabetes tipe 2:

(Sebelumnya disebut diabetes mellitus non-insulin dependent atau disingkat NIDDM)
Insulin yang dihasilkan tidak cukup atau tidak efektif(resistensi insulin) lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 40 tahun, terutama mereka yang kelebihan berat badan dan tidak aktif secara fisik, lebih banyak orang dewasa muda dan anak-anak yang sedang bertumbuh.

Diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan diet yang tepat dan berolahraga, tetapi kebanyakan penderita diabetes juga perlu pengobatan oral.

Gestational diabetes:
Terjadi pada sekitar 2-5% dari seluruh kehamilan. Wanita yang belum didiagnosis dengan diabetes sebelumnya menunjukkan kadar glukosa darah tinggi selama kehamilan.

Gestational diabetes biasanya sembuh setelah melahirkan.

Apa Insulin dan bagaimana cara bekerjanya?
Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel beta, yaitu sel-sel yang tersebar di seluruh pankreas. Insulin yang diproduksi dilepaskan ke dalam aliran darah danmengalir ke seluruh tubuh. Insulin adalah hormon penting yang melakukan banyak tindakan dalam tubuh. Sebagian besar tindakan insulin diarahkan pada metabolisme (kontrol) dari karbohidrat (gula dan pati), lipid (lemak), dan protein. Insulin juga penting dalam mengatur sel-sel tubuh, termasuk pertumbuhannya.

Resistensi insulin(IR) adalah suatu kondisi dimana sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap efek insulin, yaitu respon normal untuk jumlah yang diberikan insulin berkurang. Akibatnya, tingkat insulin yang lebih tinggi diperlukan agar insulin memiliki efek tersebut.Ketika kontrol kadar insulin gagal, maka akan mengakibatkan diabetes mellitus.

Diabetes tipe 1: tidak menghasilkan insulin. Oleh karena itu bergantung pada insulin eksternal (suntikan insulin setiap hari).
Diabetes tipe2: pankreas tidak selalu menghasilkan cukup insulin atau insulin-resistant.

Siapa yang beresiko?
Jika anda memiliki beberapa atau semua hal berikut, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk saran:
• Anggota keluarga dengan diabetes tipe2
• Kegemukan (Obesitas)
• BMI*>25
• WHR**>0.80 untuk wanita dan >0.95 untuk pria
• Jarang berolah raga
• Lebih dari 40 tahun
• Kehamilan sebelumnya dengan diabetes atau bayi besar

*BMI (Body Mass Index) = berat badan(kg) : Tinggi(m)
**WHR
(Waist Hip Ratio) =Lingkar pinggang(cm) : lingkar pinggul(cm)

Gejala yang umum dari diabetes adalah:
Sering haus meskipun minum banyak air, sering lapar, kelelahan, kulit gatal terutama di sekitar daerah genital, sering buang air pada siang dan malam hari, penurunan berat badan meskipun nafsu makan baik, luka sulit disembuhkan.

Komplikasi jangka panjang diabetes meliputi:
Penyakit jantung koroner seperti angina, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, penyakit mata, penyakit kaki seperti mati rasa, bisul dan bahkan penyakit yang dapat menyebabkan masalah seperti impotensi dan diare

Anda harus ke dokter segera dan melakukan tes gula darah sederhana untuk mengkonfirmasi jika anda menderita diabetes tipe 2. Dokter anda akan dapat menyediakan perawatan dan saran yang anda butuhkan.

Pencegahan
Sampai saat ini belum ada obat untuk diabetes tipe2. Namun ada kemajuan besar yang dibuat dalam memahami pencegahan diabetes dan pengobatan yang memungkinkan.

Apa yang dapat dilakukanuntuk membantu diabetes tipe2?

Memulai gaya hidup sehat:

Memiliki diet yang baik

Selain insulin dan obat-obatan, makan makanan yang sehat membantu menjaga dan mengontrol gula darah anda. Serta membantu menjaga berat badan anda pada tingkat yang sehat.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur

Ini membantu untuk mencegah timbulnya komplikasi. Olahraga juga membantu untuk mengontrol  berat badan dan menjaga jantung anda tetap sehat. Konsultasikan dengan dokter keluarga anda sebelum memulai program latihan apapun.

Jangan merokok

Merokok memperburuk penyempitan pembuluh darah yang telah disebabkan oleh diabetes.

Ini mengurangi   aliran darah keberbagai organ dan menyebabkan banyak komplikasi serius.

Batasi asupan alkohol Anda

Alkohol mengganggu pola makan dan glukosa darah kontrol anda, terutama jika Anda mengambil insulin atau obat-obatan untuk diabetes anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Minuman Alami untuk Penderita Kencing Manis